Selasa, 21 Desember 2010

sun...linux...iphone...blackberry...android


Sun Operating System dibuat oleh Sun Microsistem Inc, yang bermarkas di Santa Clara, California, di Lembah Silikon. Sun dan pabriknya ada di Hillsboro, Oregon dan Linlithgow, Skotlandia. Sun Microsystems, Inc. adalah salah satu produsen perangkat lunak yang akhirnya dibeli oleh Oracle Corporation pada tahun 2010.

Linux adalah sebuah system operasi bertipe dari Unix yang merupakan pengembangan dari perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Seperti pada yang lainnya, kode – kode Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Linux mempunyai kesamaan dengan BSD dalam banyak hal, tapi BSD sudah mempunyai budaya yang telah lama, dan lebih ramah terhadap dunia komersial. Sedangkan Linux mensyaratkan kepada pemakai komersial untuk memberikan feedback kembali ke linux.

Macintosh Operating System adalah singkatan dari Mac OS. Yang merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh dan Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Sejak tahun 2006 Mac OS memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Mac OS memiliki source code GUI interface yang anda bisa lihat didalamnya, sehingga Sistem operasi ini cocok untuk orang-orang yang memang belum mengerti komputer. Apple telah me-releasenya dengan nama kode Darwin.
Free BSD atau Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan oleh UNIX AT&T. FreeBSD merupakan sistem operasi mirip Unix yang (berlisensi) bebas sehingga banyak perusahaan dunia yang memakainya. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Salah satu seri yang banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan dunia yaitu FreeBSD 6.0 merupakan seri Free BSD yang memiliki keamanan serta dikenal dengan stabilitas,performanya.

Windows mobile adalah sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk para penggunanya yang ada pada mobile/handphone,yang bisa digunakan seperti pada komputer umumnya pada telepon genggam.
Saat ini, banyak vendor mobile peralatan komunikasi yang menyediakan jenis produk seperti Symbian ini. Symbian Sistem Operasi merupakan system operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian OS ini mirip seperti desktop yang mampu melakukan opearasi secara “multithreading”, “multitasking”, untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi dan pengamanan untuk memori anda.Symbian OS tidak bersifat Open Source, namun dipublikasi untuk umum, namun tidak untuk kode sourcenya sendiri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar